Selasa, 27 November 2012

AKTIVITAS "HEBAT" BAGI AYAH DAN SI BAYI TERCINTA


AKTIVITAS “HEBAT” AYAH DAN BAYI

Memiliki bayi itu luar biasa, baik itu bayi secara biologis maupun tidak. It’s amazing,…..banyak hal luar bisa yang bisa disaksikan, baik itu ketika si Ayah menggendong si ayah dengan penuh kasih sayang maupun kejadian ‘luar biasa lainnya”.

Well, tanpa terlalu berlebihan, saya memang menyebutnya “luar biasa”, menyaksikan perkembangan putri saya yang bernama “Karin Nediva Herlina Pane” seperti menemukan keajaiban setiap harinya. Mulai dari proses kelahirannya melalui operasi Sectio Caesaria, menyaksikan dia menguap, menangis meminta susu, bahkan ketika dia “pipis” saat saya gendong,..semuanya menyenangkan. Rasanya semua penat setelah bekerja bisa hilang setelah bertemu dengan buah cinta saya dan istri. Menyaksikannya tersenyum sepertinya obat yang manjur menenangkan hati yang “galau”.

Menyadari bahwa saya adalah seorang ayah yang bekerja di luar kota, saya di Tebing Tinggi dan istri saya di kota Medan, membuat saya selalu memaksimalkan “Family time” pada hari libur (Sabtu dan Minggu). Dari pengalaman saya yang baru 7 bulan menjadi seorang Ayah, saya ingin membagikan beberapa tips yang mendekatkan sang Ayah dengan si buah hati. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan Ayah dan sibuah hati (tentu kalau si ibu ikut bergabung akan lebih seru):

1.                   Jalan Pagi
Jalan pagi bersama bayi akan sangat bermanfaat bagi si ayah dan si bayi. Usahakan si bayi sudah berumur sekitar 3 bulan keatas untuk dibawa jalan pagi. jam 07.00 sampai jam 08.00 adalah waktu yang paling tepat, si bayi tidak akan terlalu kepanasan akibat sinar matahari langsung. Gunakan Baby Stroller (Kereta bayi), agar perjalanan lebih santai, serta pilihlah daerah yang minus polusi dan kebisingan, misalnya taman atau komplek perumahan yang tidak terlalu bising sangat cocok bagi si bayi. Pasang music yang bernada lembut (misal music klasik)  untuk memberi efek terapy yang menyenangkan bagi si Bayi. Manfaatnya adalah si Ayah dan si bayi sama-sama merasa segar dan memiliki kedekatan yang erat.

2.                   Membacakan Cerita/ Dogeng bergambar
Meski anak belum bisa membaca atau mengerti 100% apa yang sedang kita ceritakan, tetapi aktivita ini akan menolong si bayi untuk lebih mengenal bentuk dan warna. Usahakan memilih buku cerita bergambar dengan gambar-gambar berwarna cerah. Biasanya buku cerita seperti ini bisa didapatkan di toko buku atau melalui media online.

3.                   Menyanyi
Menyanyi akan berguna untuk menghilangkan rasa bosan pada si anak. Aktivitas ayah dan anak yang  beragam akan membuat si anak lebih cepat berkembang. Tidak perlu bersuara bagus, karena menyanyi dengan volume suara yang kecil/ lembut akan memberi efek yang menennagkan bagi si bayi.

4.                   Melucu untuk Anak
Buatlah suara lucu, gerakan yang lucu, si bayi akan belajar refleks untuk merespon dengan senyuman. Tak perlu menyerah jika awalnya tidak berhasil, karena seiring waktu si anak akan lebih merespon dengan lebih baik.

5.                   Memberi Makan si Bayi
Biasanya setelah bayi berumur 6 bulan ke atas, selain ASI si bayi sudah bisa diberi makanan tambahan, bisa berupa bubur susu, biskuit bayi atau buah (diserut). Selain menjadi tugas si Ibu, Ayah juga punya peranan penting dalam tumbuh kembang si anak. Saat si ibu sibuk di dapur, tak ada salahnya si Ayah membantu untuk memberi makan si Bayi.

Sebenarnya masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh si Ayah dan Bayi tercinta. Tips ini tentu akan sangat membantu bagi si Ayah maupun calon ayah yang ingin menikmati waktu bersama dengan si bayi.

1 komentar:

  1. ayah idaman nih. waaah jadi ga sabar pengen segera ketemu bayi mungil di peyutku ini :))

    BalasHapus