Rabu, 27 Juni 2012

PULAU DEWATA – BALI

PULAU DEWATA – BALI

             Masih dalam rangka perjalanan Honeymoon dengan istri saya. Puas berlibur di Lombok selama 4 hari 3 malam, saatnya saya dan istri melanjutkan perjalanan ke Pulau Dewata – BALI untuk liburan selama 4 hari 3 malam. Setelah selesai sarapan Taxi sudah menunggu untuk mengantarkan ke Bandara Udara.

              Penerbangan dari Lombok ke bali hanya memakan waktu kurang dari 1 jam. Jadi tidak akan bosan, cukup makan kacang dan minim juice buah kemasan, tak terasa pesawat cepat sekali mendarat. Bagi saya ini perjalanan pertama ke bali, berbeda dengan istri saya kesekian kalinya, maklum saja istri saya (drg. Intan Purba) yang berprofesi sebagai dokter gigi, sering transit dan liburan saat dinas PTT di NTT beberapa tahun lalu. Kalau perjalanan dari medan dia harus transit di Bali terlebih dahulu. Jadi sering menggunakan kesempatan untuk berlibur di Bali.
         Anda bisa menggunakana jasa Taxi bandara yang dengan ramah akan menawarkan jasa untuk mengantar anda ke lokasi penginapan.Banyak penginapan yang bisa dipilih mulai dari harga yang cukup murah sampai ke Hotel Mewah. Pilihan kami jatuh ke penginapan di dekat pinggiran pantai Kuta. Hotel murah meriah namun masih memiliki fasilitas kolam renang. Berhubung karena akan banyak aktivitas outdoor, jadi penginapan tidak kami pilih yang mahal, toh kamar hanya akan dipakai untuk menginap.
             Anda bisa menyewa mobil rental yang biasanya ditawarkan pihak Hotel, atau kenalan dari beberapa pegawai hotel. Harganya pun tidak terlalu mahal mulai dari Rp. 300.000,- (harga variatif juga), termasuk supir. Dan akan lebih hemat dan praktis kalau jalan-jalan menggunakan jasa rental mobil.
Banyak tempat yang bisa dikunjungi seperti beberapa tempat berikut:
  1. Pantai Kuta
Semua orang bisa dikatakan pernah mendengar “Pantai Kuta”. Apalagi Andre Hehanusa pernah mempopulerkannya melalui lagu dengan liryc yang romantis “Kuta Bali”. Saking terkenalnya beberapa tayangan televisi international juga menayangkan tentang pantai Kuta. Pantai dengan pasir putih dan hamparan turis berjemur atau berselancar ria. Meski memiliki life guard, pengunjung wajib berhati-hati kalau berenang, karena ombaknya termasuk besar. Anda bisa juga pijat relaksasi dengan tukang pijat keliling (harga negosisasi), selain itu juga bisa membuat Tatto. Pintar-pintarlah dalam menawar, terkadang kesabaran menawar membuahkan hasil. Di Pantai Kuta juga terdapat beberapa restoran siap saji, bahkan Hard Rock Cafe yang kesohor mendatangkan musisi-musisi luar untuk konser juga terletak di Pantai Kuta. Jika ingin menikmati belanja produk dan merek luar yang mendunia coba saja ke kompleks pusat perbelanjaan di dekat Kuta, disana banyak butik yang menawarkan koleksi produk luar, tapi jangan heran kalau beberapa butik juga menawarkan harga yang cukup “Mewah”. Sempat kan juga untuk melakukan photo studio di studio yang menyediakan jasa photo dengan pakaian adat Bali, sehingga anda akan merasakan liburan lebih berkesan.

  1. Pura Taman Ayun
    1. Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan. Kompleks Pura yang terjaga keindahan dan kerapihannya sejak dibangun ratusan tahun yang lalu. Arsitektur yang unik dan menarik menjadikan Pura ini menjadi salah satu objek photo ataupun latar belakang photo yang sangat menarik.


3. Tanah Lot
Kumpulan Pura di sepanjang garis pantai dengan arsitektur yang rumit. Bisa dikatakan mahakarya seni dalam semangat spiritualitas. Anda butuh tenaga ekstra jika ingin mengunjungi satu persatu Pura tersebut. Terdapat juga pergelaran seni budaya Bali,tapi tentunya anda harus membeli karcis jika ingin menyaksikannya. Sore hari akan sangat tepat menyaksikan pura yang berlatar belakang laut dan sinar mentari senja, kesan dramatis terpancar kuat. Seperti tempat lainnya di Bali, banyak soevenir di jajakan para pedagang. Jadi tidak ada salahnya untuk membeli beberapa cendera mata.

4.Danau Beratan - Bedugul
  
        Tempat wisata ini memiliki sebuah Pura di Pinggir Danau. Walau terletak di Pinggir Danau tapi kalau air danau sedang tinggi, sebagian dasar Pura akan digenangi air. Kesan dramatis dan eksotis terlihat jelas. Tak salah kalau pemerintah Indonesia menjadikan Objek Danau Beratan – Bedugul menjadi bagian dari Gambar tampilan Uang pecahan Rp. 50.000,-. Saking indahnya, saat kunjungan saya dan istri terdapat juga pasangan yang melakukan pengambilan gambar Pre-Wedding disana. Meski banyak turis, tapi sepertinya masyarakat Bali yang sedang melaksanakan ritual ibadah tidak terganggu oleh kehadiran para turis.

5. Istana Raja – Ubud
       Ubud sangat spesial, daerahnya lumayan tinggi, jadi cuaca cerah dan sejuk. Di ubud terdapat kompleks istana Raja Ubud. Daerahnya sejuk dengan konsep daerah yang masih menjaga kelestariaan budaya menjadikan Ubud sebagai daerah tujuan wisata di Bali. Jika anda ingin merasakan masakan khas Bali, anda bisa mencoba RM. IBU OKA (tapi tentunya hanya bagi anda yang tidak mengharamkan produk olahan daging Babi). Restoran ini termasuk sangat terkenal di Bali. Anda harus siap-siap undtuk duduk sedikit berdesak-desakan dengan para turis lainnya untuk menikmati beragam pilihan menu di restoran ini. 



6. Pemandian Tirta Mpul
         Merupakan sebuah tempat pemandian dengan sumber mata air alami yang terdapat di Kompleks Pura. Terdapat sumber aliran air yang berjejer menuju kolam pemandian. Untuk bisa mandi, anda harus mengikuti beberapa aturan yang sudah ditetapkan pengelola. Kesopanan dan kebersihan hati wajib dijaga selama mandi di pemandian ini.   


7. Gua Gajah
        Tempat yang masih mencerminkan sejarah dan budaya Masayarakat Bali yang sangat unik dan indah. Gua yang berada diantara tebing, sehingga anda harus menuruni tangga untuk bisa sampai ke Gua. Arsitektur Bali pun bisa kita temukan dengan jelas di komplek Gua Gajah.

8. Taman Bunga Bedugul
          Sebuah Taman Bunga di daerah bedugul yang tidak jauh jaraknya dari danau Beratan. Banyaknya pohon dan bunga dengan jenis yang berbeda-beda membuat pengunjung bisa merasakan udara sejuk yang menenangkan. Salah satu yang istimewa adalah kompleks taman berjenis-jenis kaktus yang berbeda. Jadi sangat tepat jika menjadikannya objek photo. 

9. Pantai Sanur
        Hampir sama dengan Kuta, pantainya indah. Tapi kali ini saya dan istri justru hanya makan malam di lokasi restoran di daerah sanur, menghadiri undangan makan malam dari teman istri saya. Makan malam di Sanur suasananya tenang dan tentu saja bisa memilih makanan luar atau makanan asli indonesia.

10. Bali Bidadari Batik
Merupakan butik batik yang menawarkan baju batik yang sangat menarik. Batik yang ditawarkan juga tidak “pasaran” jadi anda akan bangga menggunakannya. Oh, iya,...saat anda memasukinya harga yang ditawarkan adalah dollar (tapi masih terjangkau), dan pengunjung tidak diperkenankan untuk menggunakan camera selama di gallerynya.

11. Khrisna
Jika ingin berbelanja oleh-oleh dari Bali, sebenarnya banyak tempat yang bisa menyediakan, tapi kalau ingin berbelanja dengan konsep Mall/ supermarket, anda bisa berbelanja ke Khrisna, sebuah pusat perbelanjaan oleh-oleh, yang menyediakan kaos, hiasan dinding, patung, kain, bahkan makanan. Khrisna bisa menjadi salah satu tempat belanja diantara banyak tempat belanja oleh-oleh. Tapi kalau anda ingin “lebih merakyat”, coba saja menawar barang di beberapa pusat wisata seperti Tanah Lot, Ubud, Pantai Kuta atau tempat lainnya yang berupa toko kecil namu tetap menawarkan produk oleh-oleh yang menarik.

Selain tempat-tempat tersebut masih banyak tempat wisata di Bali seperti GWK, Kebun Binatang (zoo), Kintamani, Pusat kerajinan dan berbagai tempat lainnya. Jika ingin menikmati kehidupan malam anda juga bisa menikmatinya disekitar Kuta, beberapa klab malam dengan konsep berbeda menghadirkan kegembiraan di malam hari. Monumen Bom Bali juga terletak tidak jauh dari lokasi pusat hiburan malam ini.
Menurut info dari driver rental mobil sewaan, dibutuhkan beberapa hari untuk bisa mengunjungi semua tempat menarik di Bali. Seminggu??? dua minggu??? tiga minggu??? rasanya tidak cukup. Hmmm,.... jadi memang benar Pulau dewata akan selalu tidak ada habisnya menawarkan berbagai rasa, suasana, sejarah dan kekuatan budayanya yang akan selalu menarik wisatawan untuk datang mengunjunginya. Hopely,...suatu saat bisa datang lagi ke Bali, tentunya dengan hari liburan yang lebih banyak, dan uang yang lebih banyak,...he ,..he,..he!!!

Selesai juga liburan selama 4 hari 3 malam di bali, saatnya kami menuju Bandung untuk menginap satu malam, untuk kemudian besoknya menuju Medan. Demikian perjalanan saya dan istri, dibalik setiap perjalan ada cerita dan ada makna. Tetap nantikan info liburan dari saya ya,...saya Raja Pane, Trima kasih.

Tips Liburan ke BALI :
  1. Pastikan anda mencari info tentang tempat wisata yang akan anda kunjungi sebelum berangkat, rajin-rajinlah cari info di internet.
  2. Gunakana jasa rental Mobil, akan lebih hemat dan praktis, karna driver biasanya menyediakan peta tempat wisata yang kita inginkan, selain itu driver bisa menjelaskan beberapa info penting tentang tempat wisata. Tapi kalau anda siap berpanas ria, ada juga rental sepeda motor.
  3. Pilih penginapan yang “sederhana” jika ingin berhemat, tapi kalau ingin menikmati layanan berbintang, teman anda yang bernama internet akan berbagi info untuk anda.
  4. Bijaksanalah dalam berbelanja, kalau anda tidak ingin kena charge tambahan dibandara karena kelebihan bagasi yang diijinkan



2 komentar: